9 Prinsip Gaya Hidup Islami Yang Dapat Kamu Contoh

0
85
http://soclly.com/wp-content/uploads/2018/05/Gaya-Hidup-Islami.jpg
Gaya Hidup Islami

Soclly.com, Untuk seorang muslim, menjalankan prinsip gaya hidup islami sangatlah penting agar selama kehidupan yang di jalaninya mendapat ridho dari Allah SWT. Setiap manusia sudah di berikan akal dan pikiran, namun jika tidak di gunakan kehidupan tersebut menjadi sia-sia.

Tidak sedikit yang kita temukan orang yang pintar dan berakal namun hidupnya banyak merugikan orang lain, atau lebih hewan dari pada hewan sekalipun.Kali ini kita mambahas prinsip gaya hidup islami yang di jalanin oleh orang-orang muslim, karena banyak hal yang dapat kita pelajari dan kita petik hikmahnya.

http://soclly.com/wp-content/uploads/2018/05/Gaya-Hidup-Islami-ibadah.jpg
Melakukan apapun dengan niat ibadah adalah salah satu prinsip gaya hidup islami.

Terlebih lagi jika ada seorang muslum yang tersesat di jalan yang salah dan ingin kembali di jalan yang benar wajib melihat prinsip gaya hidup islami yang akan kita bahas di bawah ini.

Hidup Tanpa Kebohongan

Prinsip gaya hidup islami adalah tidak berbohong dan berkata jujur, banyak sekali kita melihat gaya hidup seseorang yang penuh dengan kebohongan dan mereka bangga akan hal tersebut. Padahal jika kita hidup di atas kebohongan, di akhirat kelak semua yang kita lakukan di atas kebohongan tersebut akan menjadi boomerang.

Ibadah Menjadi Niat Di Setiap Apa Yang Dilakukannya

Meskipun hidup di jaman yang modern sekalipun, apapun yang ingin di lakukan seorang muslim niatnya karena ibadah. Semua hal yang di lakukanya tidak lebih atas segala di motivasi oleh ibadah dan kebaikan, agar semua itu mendapat ridho Allah SWT.

Sopan Dan Profesional

 Di dalam islam sikap profesional adalah hal yang cukup di apresiasi, mereka melakukan pekerjaanya yang sebagai mana mestinya di lakukan. Sehingga tidak merepotkan orang di sekitarnya, malah jika pekerjaanya sudah selesai biasanya seseorang yang memegang prinsip gaya hidup islami akan menawarkan bantuan.

Baik Dan Pantas

Baik dan pantas adalah dua hal yang menjadi ciri khas gaya hidup islami, misalnya gaya berpakaian meskipun jaman modern harus tetap pantas dan terlihat baik. Untuk perempuan tren berpakaian dengan menutup aurat tetap pantas dan baik, karena meskipun mengikuti perkembangan jaman tidak terpengaruh leh hal-hal negatif.

Bermanfaat Dan Tidak Mudharat

Gaya hidup seperti apapun jika tidak bermanfaat pastinya tidak akan berguna dan menjadi mudharat untuk agama, keturunan, jiwa, akal pikiran, kehormatan dan kekayaan. Jadi selama kita dapat hidup bermanfaat dengan ke 7 prinsip di atas, insya Allah hidup akan menjadi lebih baik.

Halal Dan Thayib

Mengonsumsi berbagai produk makanan yang halal menjadi kewajiban seorang muslim, hal tersebut sudah tertulis jelas di Al-Quran. Bukan tanpa alasan islam melarang para pemeluknya memakan dan menggunakan hal yang haram, semua itu sebenarnya demi kebaikanya sendiri.

http://soclly.com/wp-content/uploads/2018/05/Gaya-Hidup-Islami-makanan-halal.jpg
Umat muslim hanya makan makanan halal saja.

kemudian seorang muslim yang baik tidak mengonsumsi atau menggunakan sesuatu yang menyakiti diri sendiri dan orang lain, jadi seorang muslim sejadi pasti akan memegang prinsip Halalan Thayibah.

Tidak Berlebihan

Hal yang cukup sederhana namun sangat berdampak bagi kehidupan yaitu hal yan berlebihan, seperti kita tahu Allah SWT sangat tidak menyukai orang yang sangat berlebihan.

Di jaman sekarang tidak sedikit orang yang kita temukan sering hidup dengan berlebihan, seperti gaya berpakaian, konsumsi makanan, harta yang di gunakan dan masih banyak lagi. Padahal hal tersebut jika terlalu berlebihan dan tidak bermanfaat, di kemudian hari akan memberikan kerugian pada diri sendiri.

Tidak Membanggakan Diri Sendiri

Prinsip gaya hidup islami selanjutnya adalah tidak mebanggakan diri sendiri, semua hal yang kita miliki adalah milik Allah SWT jadi untuk apa kita membanggakan diri sendiri. memamerkan wajah yang rupawan, lekukan tubuh yang indah, harta yang melimpah dan hal lainya tentu saja sangat tidak di sukaioleh Allah SWT.

Berkomitmen

Sebagai seorang muslim sejati berkomitmen harus di junjung tinggi, misalnya berkomitmen pada shalat lima waktu. Ketika adzan berkumandang muslim yang baik dan memiliki komitmen yang kuat, akan langsung menghentikan kegiatan yang di kerjakanya dan mulai shalat.

Nah itulah prinsip gaya hidup islami yang dapat kamu ikuti, terlebih lagi bagi kamu yang ingin hijrah dan berubah menjadi seorang muslim yang lebih baik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here