Hati-hati Efek Samping Aromatherapy yang Membahayakan

0
1

Jika berbicara mengenai aromatherapy pasti tidak akan jauh dari khasiat yang sangat cocok untuk penghilang stress pada tubuh ataupun lainnya. Tidak sedikit orang yang memanfaatkan barang tersebut sebagai bentuk relaksasi diri setelah kelelahan dengan rutinitas yang sedang dijalani setiap hari. Namun terlepas dari banyaknya manfaat baik dari tubuh ternyata terkandung banyak efek samping yang membahayakan. Dan parahnya lagi masih banyak orang yang tidak mengetahui hal tersebut secara baik, hal itu dibenarkan juga oleh salah satu penelitian.

 

Dalam sebuah penelitian dikatakan bawah memang essential oil itu mempunyai efek yang sangat positif seperti mengurangi rasa sakit, kecemasan, peningkatan memori dalam otak dan masih banyak lagi lainnya. Tetapi disamping hal tersebut juga ada kandungan jahat yang dapat membahayakan jika digunakan secara terus menerus. Nah, berikut ini beberapa efek yang dapat ditimbulkan dari pemakaian secara berlebihan yaitu:

 

  1. Keracunan jika tertelan.

Tidak sedikit minyak essential yang seharusnya tidak digunakan dalam minyak aromatik karena mempunyai potensi beracun. Karena beberapa dari produk mempunyai warna yang sangat pekat karena mempunyai toksinitas jika memang tidak digunakan dalam pengaturan yang sesuai. Dan jika sampai tertelan beberapa minyak aromatik bisa menyebabkan keracunan yang sangat membahayakan. Hal itu dapat dikatakan karena memang sudah banyak anak yang menderita kasus keracunan akibat menelan minyak esensial.

 

  1. Menjadikan kulit mudah terbakar.

Terkadang karena terlalu sering menggunakan dapat membuat kulit lebih sensitive sehingga membuat tidak dapat bertahan lama ketika terpapar matahari. Jadi sebaiknya jangan gunakan minyak pada bagian tubuh yang terbuka atau terpapar sinar matahari secara langsung. Dan untuk beberapa wanita hamil juga lebih rentan dengan efek samping membahayakan yang dapat diterima.

 

  1. Iritasi kulit.

Apalagi efek samping dari pemakaian minyak yang mengandung zat berbahaya yaitu terjadinya iritasi pada kulit. Misalnya ketika Anda menggunakan minyak aromatherapy menjadikan kulit gatal, sensasi panas, timbul ruam ataupun lain sebagainya. Tetapi iritasi ini bisa bermacam-macam tergantung dari tingkat sensitivitas setiap kulit. Jadi jika memang ada efek samping yang ditimbulkan lebih baik segera hentikan pemakaian aromatik tersebut.

 

  1. Resiko penyakit jantung.

Jika Anda menghirup minyak aromatik memang bisa menurunkan stress ataupun lainnya, tetapi hal itu ternyata ada dampak membahayakan yang dapat diterima. Dan ini juga telah dibuktikan oleh beberapa peneliti yang setelah menghirup aroma tersebut secara otomatis peningkatan darah yang disertai dengan detak jantung terjadi. Jadi dapat disimpulkan bahwa terlalu lama menghirup aroma minyak tersebut dapat merusak jantung secara perlahan.

 

  1. Asma.

Dan resiko buruk selanjutnya adalah peningkatan gangguan sistem saluran pernafasan sehingga dapat menimbulkan reaksi penyakit tertentu. Misalnya saja seperti asma, karena pendarahan pada hidung atau lebih dikenal dengan mimisan sering Anda alami lebih baik berhati-hati. Hal ini disebabkan oleh kandungan volatile organic compound yang merupakan bahan organik berbentuk cairan dan sangat mudah menguap. Sebelum membeli kenali terlebih dahulu bahan-bahan yang terkandung dalam minyak tersebut.

 

Nah, itulah beberapa resiko buruk yang dapat dialami oleh para pengguna minyak aromatik dalam jumlah banyak dan jangka waktu yang terus menerus. Dari pemaparan diatas bukan dimaksudkan juga pemakaian minyak aromatherapy tidak baik, semuanya tetap bisa digunakan selagi pemakaiannya masih dalam taraf yang normal dan sesuai dengan aturan. Selain itu sebelum membeli lebih baik Anda pastikan terlebih dahulu jika minyak tersebut tidak memberikan efek samping yang membahayakan karena kandungannya.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here