Simak 4 Tips Ini Agar Sukses Membuat Popcorn Sendiri di Rumah

0
7

Anda tentu kenal betul dengan camilan bernama popcorn yang menggunakan bahan dasar berupa biji jagung. Biji jagung ini biasanya dipanaskan dengan mesin khusus pembuat camilan satu ini, sehingga dalam hitungan detik sudah bermekaran bak bunga di taman. Bentuknya memang khas dan bagi mereka yang belum tahu bahan baku maupun proses pembuatannya dijamin tidak akan menyangka kalau memakai jagung. Jagung yang awalnya berbentuk padat bisa mengembang dan agak lunak.

 

Camilan ini akrab sekali bagi Anda yang suka datang ke gedung bioskop karena menjadi camilan nonton film yang sangat ideal. Anda bisa memesannya di konter dekat loket ticketing saat berencana menonton film favorit di bioskop kesayangan. Meskipun secara umum kebanyakan penjual camilan dari jagung ini memakai mesin untuk mengolahnya, ternyata bisa mengandalkan wajan dan kompor di rumah. Kalau Anda tidak memiliki oven maka bisa memilih memakai kompor, dijamin tidak kalah enak.

 

Tips Agar Camilan Jagung Ini Hasilnya Sempurna

 

Meskipun hanya memakai biji jagung yang sudah dikeringkan dan digoreng ataupun dipanggang begitu saja. Nyatanya banyak orang gagal dalam membuatnya, misal banyak jagung yang akhirnya gosong, tidak mengembang sempurna, dan lain sebagainya. Pada saat menikmati camilan ini dan malah menggigit jagung yang masih utuh dan kebetulan sudah gosong dijamin tidak nyaman. Sebab teksturnya sangat keras seolah hanya gigi gajah yang bisa mengunyahnya.

 

Belum lagi jagung yang gosong tadi tentunya akan pahit, maka jangan menyepelekan pembuatannya sebelum mencoba sendiri. Agar pembuatan popcorn lebih sempurna maka simak beberapa tips di bawah ini:

 

  1. Pilih jagung khusus untuk camilan jenis ini,

Untuk membuat camilan jagung mekar ini tentunya tidak bisa memakai sembarang jagung, Anda baiknya memakai jagung khusus. Biasanya berbentuk lebih kecil dan mengerucut sehingga hasilnya sama persis dengan penjual-penjual di bioskop. Anda bisa membeli jagung ini di toko online atau minimarket yang biasanya menyediakan kemasan kecil.

 

  1. Pastikan biji jagung benar-benar kering,

Jagung yang masih basah tentunya membuat camilan jagung mekar yang dibuat tidak akan sempurna. Jauh lebih banyak jagung yang masih menguncup sehingga akhirnya gosong dan teksturnya keras seperti yang dijelaskan di awal. Maka pastikan jagung atau biji jagung yang diolah sudah benar-benar kering. Memastikannya bisa dengan menjemurnya dulu baru kemudian disimpan ke kulkas sebelum diolah menjadi jagung mekar.

 

  1. Cuci dulu dengan air es,

Sementara untuk memastikan jagung mekar yang dibuat lebih renyah dan mengembang dengan sempurna. Maka sebelum jagung dimasukkan ke dalam wajan panas terlebih dahulu dicuci atau di basuh dengan air dingin. Semakin dingin airnya maka semakin baik, maka dianjurkan memakai air es dan bisa pula menyimpan biji jagung yang telah kering ke freezer. Cara ini membantu mendapatkan camilan jagung mekar yang mekar sempurna dan rasanya renyah saat digigit.

 

  1. Panaskan dulu wajan secara maksimal,

Kalau Anda memakai oven atau mesin khusus tentunya bisa langsung memasukan jagung tanpa memperhatikan suhunya. Namun ketika diproses secara manual memakai wajan yang dipanaskan di atas kompor maka butuh suhu yang tepat. gunakan sedikit minyak sayur ataupun mentega lalu tunggu sampai wajan benar-benar panas, kemudian masukan biji jagung dan segera tutup rapat dengan penutup panci. Suhu wajan yang panas sempurna membuat semua biji jagung berhasil mekar sempurna sehingga popcorn renyah buatan rumah sendiri siap disajikan.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here